FISIP UI, Lahirkan 7 Saran Bidang Sosial Terpaut Tantangan Penindakan Covid- 19

Fakultas Ilmu Sosial serta Ilmu Politik Universitas Indonesia( FISIP UI) menciptakan 7 policy brief ataupun saran kebijakan dalam bidang ilmu sosial terhadap masalah- masalah sosial yang jadi tantangan dalam penindakan pandemi Covid- 19 di Indonesia.

Dekan FISIP Arie Soesilo dalam keterangannya di Depok, Jumat berkata aspek sosial serta budaya pula ikut terdampak, tercantum spesialnya metode berpikir serta sikap terpaut Covid- 19 dari sebagian warga.

Timbulnya fenomena Covid- 19 ini terdapat sisi positifnya ialah terbangunnya solidaritas sosial yang kokoh di golongan warga, tetapi di sisi lain sangat banyak yang terdampak serta terpuruk.

Buat itu, pandemi semacam ini tidak cuma memerlukan pemecahan dari bidang kesehatan serta ekonomi semata, tetapi pula respons dengan pendekatan sosial budaya.

Ketujuh policy brief dari FISIP UI ini hendak dijadikan pedoman dalam aktivitas operasional penindakan Covid- 19 policy brief indonesia .

” Kami berharap supaya FISIP UI Policy Brief 2020 bisa jadi masukan yang bermanfaat untuk pemerintah serta warga Indonesia dalam mengatur serta menanggulangi pandemi Covid- 19. Dengan kerja sama bermacam pihak, Indonesia hendak sanggup menanggulangi tantangan kesehatan ini,” ucap Arie Soesilo.

Tidak hanya itu, FISIP UI Policy Brief 2020 pula hendak diberikan kepada pihak yang relevan, ialah kepada Bibliotek UI buat didokumentasikan dalam Repository Bibliotek UI, dan disebarkan kepada segala Sivitas Akademika FISIP UI buat bisa terus dikaji serta dibesarkan.

Segala catatan saran tersebut diperoleh dari hasil dialog ilmiah yang dicoba pada rangkaian seminar online yang diinisiasi oleh FISIP UI yang sudah berlangsung semenjak 29 Juli 2020 sampai 16 September 2020.

Penyerahan ketujuh saran ini dicoba oleh Dekan FISIP UI Dokter. Arie Setiabudi Soesilo, Meter. Sc., kepada Letjen Tentara Nasional Indonesia(TNI). Doni Monardo selaku Pimpinan Satuan Tugas Percepatan Penindakan COVID- 19, dalam kegiatan FISIP UI Policy Brief Launch.

Ikut melihat Wakil Rektor UI Bidang Studi serta Inovasi drg. Nurtami., Ph. D., Sp, OF( K), serta Sekretaris Universitas( UI) dokter. Agustin Kusumayati.

Pimpinan Satuan Tugas Percepatan Penindakan Covid- 19, Letjen Tentara Nasional Indonesia(TNI) Doni Monardo menuturkan 7 saran yang FISIP UI bagikan hendak sangat berguna untuk SATGAS

Covid- 19 serta Pemerintah.

Sesungguhnya dari dini permasalahan pandemi, satgas telah merancang sesuatu program, kalau pandemi ini tidak dapat dituntaskan oleh bidang kesehatan semata.

Hingga, dengan upaya FISIP UI ini bisa jadi salah satu pelopor dalam merancang ataupun membetulkan penindakan kasus sosial akibat akibat pandemi di negara ini.

” Tidak hanya itu, aku pula melihat, permasalahan pandemi wajib dituntaskan dengan kearifan lokal. Kita telah amati bersama, banyak pemerintah wilayah yang sukses mengatur melalui pendekatan Antropologi serta Sosiologi,” katanya.

Baca Juga : Apa sih SEO itu?

7 saran kebijakan dari FISIP UI tersebut merupakan:

1. Bidang Ilmu Komunikasi:“ Strategi Komunikasi Publik Pemerintah di Masa Pandemi COVID–19, Dari Komunikasi Krisis Jadi Komunikasi Resiko Buat Membangun Engagement Publik”

2. Bidang Sosiologi:“ Pembatasan Sosial Berbasis Komunitas( PSBK), Membangun Ketangguhan Sosial Mengalami Pandemi Covid- 19 di masa New Wajar’

3. Bidang Ilmu Politik:“ Reaksi terhadap Pandemi Covid- 19, Alternatif Kebijakan Pemerintah”

4. Bidang Ilmu Kesejahteraan Sosial:“ Penindakan Pandemi Covid- 19 dengan Pendekatan Intervensi Sosial pada Bermacam Tingkatan( Multilevel Social Intervention)

5. Bidang Ilmu Ikatan Internasional:“ Pandemi Covid- 19 serta Tantangan Diplomasi Multilateral Indonesia”

6. Bidang Kriminologi:“ Penangkalan Cyber Crime pada Masa Pandemi Covid- 19 lewat Pendekatan Multi– Agent Partnership serta Virtual Community Policing”

7. Bidang Antropologi:“ Pendekatan Sosial Budaya Berbasis Komunitas, Kerja sama Pengetahuan, serta Keterlibatan Kritis dalam Upaya Penanggulangan Pandemi Covid- 19”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *